HP: 082138863000 WA: 087738246300


Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi

Jasa Arsitek Bekasi

Jasa Arsitek Bekasi

Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi

lihat : ribuan hasil karya kami

Dalam kesempatan yang sebelumnya terlah dipaparkan mengenai bagaimana gambar kerja dari proyek rumah tinggal minimalis 1 lantai, maka dalam kesempatan ini adalah diperlihatkan bagaimana bentuk visualisasi 3 dimensi dari rumah tinggal ini, dan dari gambar gambar tersebut juga akan diberikan penjelasan. Berikut adalah ulasan gambar 3 dimensi dari rumah tinggal minimalis 1 lantai

JASA ARSITEK BEKASI

JASA ARSITEK BEKASI

Secara keseluruhan bangunan ini mengambil tema yaitu mengenai alam sehingga material yang digunakan juga yang dominan digunakan adalah material alam, seperti batu bata dan kayu. Pemilihan dari batu alam ini memang menjadi sebuah tren yang sedang digandrungi oleh masyarakat dikarenakan material ini memberikan sebuah kesejukan dan kenyamanan tersendiri bagi bangunan, karena juga dalam sebuah bangunan dewasa ini kita dituntut untuk selalu menjunjung tinggi nilai ekologi bangunan sehingga dalam setiap desain yang dibuat diusahakan untuk tidak terlalu mengeluarkan banyak energy sehingga bangunan tersebut dapat menjadi sustain dan durable. Kemudian, konsep hunian minimalis menjadi salah satu alternative yang seringkali digunakan oleh para arsitek dan juga user karena konsep konsep dalam rumah minimalis ini sangat cocok untuk berbagai kebutuhan terutama dalam peruangan sebuah bangunan.

Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi- Dalam bahasan kali ini akan membahas mengenai desain rumah tinggal minimalis yang akan dibangun didalam sebuah site seluas ±860 m2. Site yang digunakan sangatlah luas, sehingga hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi arsitek dalam mendesain rumah tinggal dengan menggunakan arsitektur minimalis, karena memgingat kemunculan arsitektur minimalis ini pada mulanya disebabkan karena keterbatasan ruang atau lahan perkotaan, Sehingga kemudian arsitek sebagai problem solver membuat sebuah desain minimalis dimana dengan lahan yang terbatas namun fungsi ruang dalam suatu bangunan tetap dapat dijalankan denga optimal.

JASA ARSITEK BEKASI 1

JASA ARSITEK BEKASI 1

Pada gambar ini menunjukkan pada bagian ruang carport pada rumah tinggal tersebut. Luas dari carport ini adalah 7m x 6.5m sehingga dengan ukuran tersebut dapat menampung 2 buah mobil yang ditata secara bersampingan. Kemudian carport ini juga merupakan satu satunya entrance bangunan dari depan sehingga sebelum memasuki rumah tinggal ini maka harus melalui carport terlebih dahulu. dari gambar carport ini akan dijelaskan dengan menggunakan nomor:

  1. Menunjukkan atap bangunan pada carport yang menggunakan bahan dari kayu yang ditata menjadi sebuah pola yang indah. Pada bagian ujung atap carport ini juga memiliki sebuang aksesoris dengan memberikan sebuah lengkungan sehingga terlihat seperti corak pada rumah tradisional jawa. Selain itu dengan bentuk atap yang seperti ini maka juga dapat digunakan sebagai prgola atau atap yang diatasnya terdapat tumbuh tumbuhan atau bunga, sehingga juga bisa digunakan sebagai penambah estetika pada bangunan, dan dengan banyaknya tumbuhan maka mobil yang ada dibawahnya juga akan semakin terlindungi dengan baik dari panas maupun hujan.
  2. Menunjukkan penggunna material pasangan batu bata yang di ekspos pada kolom carport. Penggunaan material yang diekspos ini juga terlihat sangat cocok dengan tema dari bangunan yang memang menggunakan material material dari alam. Material batu bata sendiri juga akan menyerap panas dari luar sehingga kolom kolom ini juga menjadi pelindung bangunan dari panas matahari.
  3. Menunjukkan penggunaan batu alam pada lantai ruang carport. Dengan penggunaan material tersebut maka juga dapat menambah nilai estetika bangunan. Selain itu, karena batu alam ini memiliki sifat yang tidak licin, maka juga sangat cocok untuk kebutuhan ruang carport
JASA ARSITEK BEKASI 2

JASA ARSITEK BEKASI 2

Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi – Selanjutnya yang akan dibahas yaitu mengenai taman depan. Taman ini menjadi pembatas antara carport dan juga bangunan rumah tinggal. Taman depan ini juga terpisah menjadi 2 karena dipisahkan oleh pedestrian yang berasal dari carport menuju rumah namun di tengah tengah juga akan dijumpai gazebo. Taman ini berisi tanaman kecil dan besar yang berfungsi untuk menambah penghijauan bangunan dan juga untuk peresapan air hujan. Fungsi lainnya yaitu untuk menambah estetika bangunan sehingga taman juga menjadi view bangunan dari depan.

Selanjutnya ketika sudah melalui ruang carport maka selanjutnya akan mulai masuk apda area rumah tinggal, namun untuk akses menuju rumah tinggal tersebut terdapat beberapa opsi yang menjadi akses untuk masuk bangunan tersebut. berikut adalah keterangan dari gambar tersebut:

  1. Menunjukkan akses utama yang berasal dari carport dan menuju taman depan dan gazebo. Akses ini merupakan akses utama yang memiliki ukuran lebar jalan yang cukup besar dan material yang digunakan sama dengan material lantai pada carport yaitu dari bahan batu alam. Akes utama ini dibuat menjadi jalan yang berliku dan disekeklilingnya terdapat taman dengan tanaman hijau sehingga dapat menciptakan kesan segar dan sejuk pada bangunan terswbut.
  2. Menunjukkan akses lain yang berasal dari belakang carport menuju ruang dapur. Akses ini memiliki lebar yang lebih sempit dari akses utama. Dan material yang digunakan juga dari bahan batu alam.

Kemudian selanjutnya adalah bangunan gazebo. gazebo ini difungsikan sebagai tempat bersantai dan juga dapat digunakan untuk menerima tamu. Fungsi gazebio ini juga mirip dengan fungsi joglo pada rumah jawa, karena juga difungsikan sebagai penyambut tamu, sehingga ketika tamu kemudian ingin dibawa masuk kedalam rumah maka dapat langsung menuju ruang tamu tanpa harus disambut lagi dalam teras depan rumah. Peletakan gazebo ini juga sangatlah strategis karena disekitar gazebo tersebut dikelilingi dengan tanaman hijau sehingga dapat memberikan kesegaran ketika ingin bersantai di gazebo tersebut. berikut adalah keterangan gambar 3 dimensi dari gazebo:

  1. Menunjukkan 4 tiang yang menyangga gazebo tersebut, dan dengan desain tersebut maka mirip seperti bangunan jawa dengan tiang yang berbentuk seperti 4 soko guru. Tiang tersebut terbuat dari material kayu
  2. Menunjukkan atap dari gazebo yang terbuat dari genteng. Atap ini didesain memiliki sedikit tritisan sehingga dapat me,ingungi bangunan gazebo dari panas maupun hujan.
  3. Menunjukkan sandaran dari kayu yang didesain seperti garis yang mengarah ke atas dan kemudian diberikan suatu ritme sehingga dapat memberikan suatu estetika tersendiri. Sandaran ini tidak didesain terlalu tinggi sehinggga tidak mnegganggu view taman dari dalam gazebo tersebut.
  4. Menunjukkan jalan kecil yang menjadi akses menuju gazebo. Untuk menuju gazebo itu sendiri juga terdapat sebuah undakan karena memang gazebo ini berbentuk seperti rumah panggung.

Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi – Selanjutnya gambar ini menggambarkan bagaimana view yang didapat dari pengguna apabila menikmati area gazebo ini. Dari area tersebut dapat dinikamti landscape taman yang indah disertai dengan batu alam yang berfungsi sebagai akses dari arah luar. Selain itu pengguna juga dapat langsung melihat pemandangan luar rumah dengan sangat bebas sehingga spot ini juga merupakan spot yang menjadi spot utama, dan spot ini juga dapat digunakan untuk menyambut tamu yang datang sebelum dipersilahkan untuk masuk ke dalam rumah.

Selanjutnya pada gambar ini menjelaskan dibawah gazebo tersebt terdapat sebuah tumpuan yang disebut dengan umpak. umpak batu ini berfungsi sebagai pondasi yang muncul pada gazebo yang juga menambaha nilai estetika gazebo. material yang digunakan juga dari batu alam sehingga dapat menyeimbangkan material kayu yan ada di gazebo tersebut. selain itu dengan adanya umpak ini juga membuat gazebo data lebih terhindar dari air apabila hujan, karena apabila langsung mengenai kayu maka bisa jadi kayu tersebut akan menjadi rusak atau tidak begitu cantik, namun karena sifat batu alam yang mudah menyerap maka tidak akan merusak estetika dari bangunan gazebo etrsebut.

Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi – Pada gambar selanjutnya akan menjelaskan mengenai bentuk jalan yang menjadi akses menuju rumah tinggal, namun akses ini bukan merupakan akses utama karena lebar jalan cukup kecil sehingga tidak bisa dilalui orang orang banyak, selain ini dengan melalui akses ini juga tidak bisa menikmati keindaha taman depan rumah dan juga gazebo. jalan kecil ini yang menghubungkan carport menuju ruang jemur pakaian. Jalan ini berbentuk lurus yang terletak di sebelah bangunan. Berikut adalah keterangan gambar yang sudah dipaparkan diatas:

  1. Meunjukkan akses melalui jalan kecil yang berasal dari carport.
  2. Menunjukkan bahwa dalam jalan kecil ini juga dapat ditempuh dari arah teras deppan rumah
  3. Menunjukkan area dapur yang menjadi lokasi akhir dari jalan kecil ini sehingga juga menjadi pintu masuk yang bukan utama.

Selanjutnya ayang akan dibahas yaitu maisih seputar akses menuju rumah tinggal minimalis, namun akses ini merupakan cabang dari akses utama sehingga untuk melalui akses ini harus melalui akses utama terlebih dahulu. Berikut adalah keteranagan nomor dalam gambar tersebut:

  1. Menunjukkan jalan yang dibentuk dari batu alam yang disusun berbentuk kotak dan secara rapi ditata sehingga menghasilkan bentuk yang indah. jalan ini dibentuk dengan terdapat tanaman hijau yang juga disusun disekeliling jalan tersebut.
  2. Menunjukkan pintu yang menjadi akhir dari jalan tersebut. pintu ini mengarah ke ruang bermain anak. Pintu ini menjadi akses juga apabila user yang dari arah luar langsung ingin masuk ke area kamar dan mushola tanpa perlu melewati teras depan terlebih dahulu.

Selanjutnya yang akan dibahas adalah mengenai teras depan. Teras ini memiliki bentuk yang memanjang, dengan ukuran dimensi yaitu 2m x 11 m sehingga teras ini hanya berfungsi untuk menyambut tamu namun tidak digunakan untuk kegiatan bersantai dengan furniture yang banyak, sehingga ketika tamu masuk kedalam teras maka akan langsung dipersilahkan untuk duduk kedalam ruang tamu. Namun teras ini juga menjadi titik akhir dari dua buah akses, yaitu akses utama yang berasal dari arah gazebo dan juga dari jalan kecil dari arah carport yang melewati belakang bangunan. Sehingga juga teras ini menjadi batas bersih sebelum memasuki ruang ruang yang ada didalamnya. Berikut adalah keterangan dari nomor yang tertera pada gambar:

  1. Menunjukkan pintu yang dapat langsung menuju ruang makan. Pintu ini ditujukan kepada tamu yang ingin melakukan kegiatan makan bersama dalam rumah ini setelah melakukan kegiatan di gazebo atau di ruang tamu.
  2. Menunjukkan pintu yang dapat langsung menuju ruang tamu. Pintu ini juga menjadi pintu utama dalam rumah ini sehingga setiap tamu yan ingin dipersilahkan untuk masuk kemudian dapat masuk di ruang tamu dengan melalui pintu ini. Oleh karena itu di depan pintu ini terdapat 2 trap tangga yang difungsikan untuk memberikan tanda bahwa tamu dapat melalui pintu ini untuk masuk ke dalam rumah tinggal tersebut.
  3. Menunjukkan sun screen yang difungsikan untuk melindungi cahaya matahari berlebih yang masuk kedalam rumah, selain itu juga berfungsi untuk menambah nilai estetika rumah ersebut.
  4. Menunjukkan lantai pada area teras yang menggunakan material parquet dari kayu yang dapat memberikan kesan natural pada bangunan tersebut.

Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi – Pada gambar ini menunjukkan adanya penggunaan sebuah kantilever yang tidak terlalu panjang yang terdapat diatas teras depan rumah. Fungsi dari kantilever ini yaitu untuk melindungi sinar matahari berlebih yang masuk ke dalam bangunan, selain itu dengan adanya kantilever ini juga membuat bangunan ini terlihat lebih menarik dan lebih terlihat sisi minimalis dari bangunan itu sendiri. Untuk kantilever ini terbuat dari kayu dan memiliki 2 lapis.

Kemudian dari gambar selanjutnya yang akan dijelaskan mengenai area jemuran. Ruang jemuran ini memiliki dimensi ruang yaitu 3m x 3m. ruang jemuran ini dapat dicapai melalui ruang cuci dan juga dapat dicapai melalui jalan kecil di saming bangunan rumah tinggal, sehingga dapat dikatan bahwa ruang jemur ini juga menjadi akses menuju rumah tinggal. Untuk ruang jemur ini tidak memiliki atap karena yang dibutuhka adalah pencahayaan alami langsung dari matahari agar kegiatan di ruang jemur dapat terlaksana dengan optimal. Brikut adalah keterangan nomor pada gambar:

  1. Menunjukkan pintu dari dapu menuju ruang cuci dan jemuran, kedua ruang ini memang sengaja dijadikan satu area tanpa adanya pembatas apaun. Pada ruang cuci juga tidak memiliki atap karena kegiatan yang dilakukan juga masih berhubungan dengan kegiatan di ruang jemur sehingga tidak diperlukan penutup atap seperti ruang ruang yang lainnya.
  2. Menunjukkan penggunaan lantai pada ruang ini yang menggunakan material dari batu alam. Alasan penggunaan material ini adalah karena dalam ruang ini terjadi aktivitas yang banyak menggunakan air sehingga sangat rawan licin, namun dengan menggunakan material ini maka lantai tidak akan menjadi licin karena sifat batu alam yang dpaat menyerap air dengan cepat.
  3. Menunjukkan pintu dapur. Pada pintu ini juga sebenarnya berbatasan langsung dengan ruang jemur namun masih dipisahkan dengan sebuah sekat yang merupakan sloof sehingga air dapat tertahan dan tidak masuk ke akses dapur tersebut.
  4. Menunjukkan adanya bukaan pada ruang dapur. Bukaan ini memiliki ukuran yang kecil karena tidak berfungsi sebagai bukaan pada kamar yang digunakan untuk melihat pemandangan sekitar dsb namun bukaan ini bertujuan agar panas yang berasal dari kegiatan dari ruang dapur dapat menyalur ke bukaan tersebut dan dapat keluar dengan baik. Fungsi lainnya juga untuk memasukkan cahaya matahari dari luar sehingga tidak perlu menggunakan banyak lampu atau pencahayaan buatan.

Selanjutnya pada gamabr ini akan menjelaskan megenai bagaimana pemasangan polikarbonat yang terletak di atas pintu luar yang menuju dapur. Dari gamabr ini terlihat bahwa polikarbonat dipasang diatas sebuah tumpuan rangka yang etrbuat dri kayu. Atap polikarbonat ini merupakan salah satu alternative atap yang digunakan sehingga cahaya matahari dari atas masih dapat masuk kedalam bangunan. Sehingga mirip seperti konsep skylight namun material yang digunakan tidak dari material kaca namun dari material polikarbonat tersebut. Prnggunaan pada area bermain anak ini sangat cocok akrena dalam ruang tersebut diperlukan banyak cahaya matahari sehingga anak dapat bermain dengan nyaman namun ketika hujan juga akan selalu terlindungi.

Selanjutnya akandijelaskan juga mengenai area ruang bermain anak. Dari eksterior dapat dilhat bahwa ruang ebrmain anak ini tertutupi oleh pagar yang tidak terlalu tinggi. Ruang ini bisa didesain sekreatif mungkin sehingga menjadi view yang baik bagi ruang ruang yang ada disekitarnya.  Ruang ini memiliki dimensi ruang yaitu 7,5m x 8m dan dapat diisi dengan berbagai kegiatan permainan anak yang bersifat indoor, sehingga juga anak dalam bermain masih dalam pengawasan yang baik oleh user. Ruang ini dikelilingi oleh selasar dan jaga ruang santai dan ruang ini tidak memiliki batas yang jelas dengan ruag ruang di sekelilingnya, yang menjadi pembatas ruang ini hanyalah dari lantainya saja. Kemudian untuk penutup dari ruang ini yaitu menggunakan material polikarbonat yang memiliki sifat seperti kaca sehingga sinar matahari dapat masuk secara kangsung kedalam ruang tesebut dan juga dapat terefleksikan kedalam ruang ruang disekelilingnya.Berikut adalh keterangan dari nomor yang tertera pada gambar:

  1. Menunjukkan pagar yang terbuat dari material pasangan batu bata. Pagar ini memiliki desain yaitu tidak sampai bawah namun hanya separuh saja, hal in karena juga memilkirkan mengenai keamanan rumah tinggal dan tentu juga dengan adanya lubang tersebut dapat membuat angina dari arah luar agar daoat masuk kedalam rumah.
  2. Menunjukkan atap yang terbuat dari material polikarbonat dan dibawahnya terdapat rangka yang terbuat dari kayu.
  3. Menunjukkan kolom dari kayu yang menjadi penyangga atap dari polikarbonat. Karena luas atap tersebut cukup besar maka dibutuhkan sekitar 6 buah kolom untuk menyangga atap terswbut.

 

Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi – Pada gambar ini menjelasakn mengenai bagaimana bentuk interior dari ruang bermain anak dan juga selasar pada rumah tinggal minimalis 1 lantai. Dari gamabr ini terlihat bagaimana ruang menjadi terasa sangat sejuk dengan material alam yang mendominasi rumah tinggal ini. Mulai dari batu alam sampai pada kayu, sehingga dapat mereduksi panas dari luar.

Kemudian pada gambar ini akan dijelaskan mengenai area mushola yang juga berbatasan langsung dengan taman belakang. Area taman belakang ini juga menjadi spot yang menarik dalam bangunan rumah tinggal ini karena area ini dipenuhi dengan rerumpitan dan tanaman hijau sehingga sangat cocok untuk bersantai untuk mendapatkan udara yang sejuk dari luar. Berikut adalah keterangan nomor pada gambar:

  1. Menunjukkan sebuah desain ruang mushola yang unik pada dinding karena dipasang berlubang seperti gambar tersebut. Sedangkan ruang dibelakangnya adalah ruang mushola. Hal ini menjadi suatu nilai plus dari desain rumah tinggal karena dengan desain tersebut maka angin juga dapat secara bebas masuk kedalam ruang mushola, sehingga kegiatan ibadah di ruang tersebut juga dapat berjalan dengan optimal.
  2. Menunjukka sebuah akses dari ruang transisi menuju taman belakang. Pintu ini juga menjadi akses utama bagi user yang berada dari dalam rumah untuk dapat mencapai taman belakang, sehingga setelah keluar dari pintu ini masih terdapat susunan batu bata yang membentuk jalan untuk dapat menuju taman belakang.

Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi – Kemudian pada gambar ini akan dijelaskan mengenai area teras belakang pada rumah tinggal minimalis 1 lantai ini. didalam kamar tidur utama pada rumah tinggal ini terdapat sebuah akses tersendiri untuk menuju taman belakang sehingga kamar ini juga memiliki teras tersendiri. Teras ini berukuran cukup kecil namun cukup luas bagi teras sebuah kamar. sehingga dari kmaar tidur utama ini memiliki 2 buah view yaitu view ruang bermain anak yang terdapat di dalam rumah dan juga view taman belakang yang berada diluar rumah. Berikut adalah keterangan nomor pada gambar tersebut:

  1. Menunjukkan bukaan dengan pintu geser double yang terdapat pada ruang kamar tidur utama yang mengarah pad ataman belakang. Pintu ini didesain agar user dapat menikmati secara penuh view dari taman belakang sehingga dipasanglah bukaan berukuran besar tersebut. Selain itu juga terdapat teras sebelum masuk taman belakang, sehingga juga user tidak langsung berhbungan dengan taman namun masih ada pembatas sehingga lebih terasa nyaman.
  2. penggunaan atap dengan material polikarbonat yang dipasang pada area teras belakang. Atap polikarbonat ini merupakan salah satu alternative atap yang digunakan sehingga cahaya matahari dari atas masih dapat masuk kedalam bangunan. Sehingga mirip seperti konsep skylight namun material yang digunakan tidak dari material kaca namun dari material polikarbonat tersebut.
  3. Menunjukkan pemakaian material lantai parquet kayu pada teras . Model parquet yang dipilih juga memiliki bentuk garis garis atau stripes. Pemakaian material lantai adalah karena dengan memasang lantai ini ruanagn menjadi lebih terlihat rapi dan juga luas karena garisnya juga tidak terlalu tebal sehingga seperti tidak memiliki batasan grid seperti lantai keramik.
  4. Menunjukkan susunan batu alam yang mengelilingi teras belakang. Batu bata ini disusun sehingga menjadi suatu akses dari area taman belakang sampai pada pintu pada ruang transisi. Sehingga dari teras belakang tersebut user dapat langsung masuk ke dalam ruang mushola atau ruang lainnya lewat akses tersebut.

Pada gambar ini menjelaskan mengenai halaman belakang rumah. halaman belakang rumah sangat luas dengan luas halaman tersebut sekitar setengah dari luas bangunan, sehingga dengan luasnya taman tersebut dapat memberikan keuntungan bagi user, yaitu dengan halaman yang luas maka dapat dibuat taman dengan memberikan tanaman besar dan kecil sepeti yang terlohat digambar, selain itu juga bisa digunakan sebagai tambahan ruang apabila ingin menambah ruang ruang lain, sehingga mirip seperti konsep rumah tumbuh. Selain itu halaman ini juga dapat digunakan untuk banyak kegiatan yang dapat menerlibatakan banyak orang, sehingga juga memberikan keuntungan bagi user.

Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi – Pada gambar ini dapat dilihat bagaimana bentuk atap dari rumah tinggal minimalis 1 lantai. Atap dari genteng dan juga atap dari polikarbonat yang sekilas memiliki berbedaan yang mencolok karena atap genteng merupakan atap dengan gaya teradisional namun atap dari polikarbonat ini menunjukkan sebuah teknologi yang modern, namun ternyata gabungan 2 material tersebut tidak menjadi sebuah desain yang aneh namun dapat saling memadukan antara satu dengan yang lain sehingga menjadi sebuah perpaduan yang cocok untuk sebuah rumah tinggal minimalis.

Atap dari genteng ini merupakan atap yang mendominasi seluruh atap rumah tersebut. Atap ini merupakan atap jenis limasan yang memiliki induk atap dan juga anak atap. Pada bangunan ini terlihat memiliki banyak anak atap karena memang bangunan cukup luas dan juga bentuk bangunan yang beragam sehingga bentuk atap juga menyesuaikan pada bentuk ruang tersebut. Pada bangunan ini terlhat memiliki 2 induk atap yang terletak pada sisi tengah dan kiri bangunan yang terlihat lebih besar, kemudian untuk yang lainnya merupakan anak atap. Dengan bentuk atap tersebut maka atap memiliki tinggi yang akan disesuaikan dengan berapa derajad kemiringan atap yang ingin dibuat. Kemudian untuk atap ini menggunakan atap dengan kemiringan 35 derajad dimana masih menjadi standar untuk kemiringan atap limasan. Sehingga dengan kemiringan tersebut atap memiliki ketinggian tersendiri sehingga panas dari luar pun akan tersimpan di dalam ruang kosong tersebut.

Sedangkan penggunaan atap dengan material polikarbonat hanya dipasang pada area bermain anak dan juga pada teras belakang. Atap polikarbonat ini merupakan salah satu alternative atap yang digunakan sehingga cahaya matahari dari atas masih dapat masuk kedalam bangunan. Sehingga mirip seperti konsep skylight namun material yang digunakan tidak dari material kaca namun dari material polikarbonat tersebut. Prnggunaan pada area bermain anak ini sangat cocok akrena dalam ruang tersebut diperlukan banyak cahaya matahari sehingga anak dapat bermain dengan nyaman namun ketika hujan juga akan selalu terlindungi.

Menunjukkan gambar Pintu geser. Pintu geser ini merupakan salah satu pintu yang menunjukkan bahwa jika sudah menjumpai pintu ini maka akan memasuki ruang ruang yang memiliki nilai privasi tinggi atau menunjukkan kemegahan ruang, karena pintu ini digunakan pada entrance utama, kamar tidur, teras belakang, dan juga pada ruang santai. Pintu ini memiliki 4 buah bukaan dengan 2 bukaan di tenah menjadi pintu geser sedangkan 2 pintu saming hanya dijadikan sebagai bukaan jendela biasa. Lebar pintu geser ini adalah 4 meter, sedangkan untuk pintu saja yaitu 2 meter.

Menunjukkan susuan batu alam yang disusun secara rapi dan digunakan sebagai jalan atau akses dari arah kamar tidur utama menuju ruang dapur. Kemudian dengan adanuya susunan batu bata ini membuat bangunan menjadi lebih menarik dilihat dari atas maupun dilohat dari luar, karena terlihat mengelilingi ruang kamar utama. Kemudian dari gambar ini dapat dilihat bagaimana spot dari teras belakang yang menjadi sebuah spot individu yang sangat menarik untuk dilihat ooleh user.

Menunjukkan pintu dari arah luar yang memisahkan area taman depan rumah dengan taman bermain anak. Pintu ini terbuat dari kayu dan didesain agar terlihat seperti sebuah pagar. Kemudian dengan menggunakan desain ini maka desain area ini menjadi sangat menarik, karena di satu sisi terdapat berbagai tumbuhan hijau di sekekliling jalan menuju pintu tersebut, kemudian di sisi lain juga menambah sisi natural dalam desain rumah tinggal ini, sehingga tidak hanya berbentuk minimalis namun juga banyak mengandung unsur alam yang dapat memberikan kesejukan tersendiri bagi user.

Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi – Selain itu pintu ini juga menjadi akses bagi user yang ingin menuju ruang kamar tidur tanpa melalui pintu utama. Dalam rumah ini memang banyak akses dikarenakan memang luasnya lahan dari rumah tinggal ini sehingga jika hanya memiliki 1 buah akses saja maka akan sangat sulit karena kebutuhan user yang tidak hanya bertahan di satu atau dua ruang saja.

Selanjutnya pada gambar ini dapat dilihat yaitu talang pada atap. Penggunaan talang ini nantinya akan mengalir dari atap menuju kebawah. Pada gambar tersebut menunjukkan bagaimana sebuah talang pada atap yang memiliki fungsi untuk mneyalurkan ar hujan yang berada dari atas untuk turun ke tanah dengan mneggunakan pipa dan kemudian dapat masuk ke dalam sumur presapan sehingga dapat langsung meresap ke tanah. Kemudian, talang yang sudah membawa air lalu akan terserap kedalam tanah sehingga air tidak menggenang dan menjadi beban tersendiri bagi atap. Pemilihan dari oenggunaan atap bentuk limasan tersebut juga dikarenakan kondisi iklim indonesia yang merupakan negara tropis sehingga harus memikirkan bagaimanaa ketika hujan terjadi sehingga dengan bentuk atap seperti tersebut di atas maka air dari atas dapat turun kebawah.

Selanjutnya akan dibahas mengenai penggunaan pintu pada dapur yang memiliki ketinggian dan bukannya langsung menyentuh lantai, alasan dari pemasangan pintu seperti ini dikarenakan pada kegiatan yang terjadi di dapur juga merupakan kegiatan yang seringkali membutuhkan air seperti mencuci piring atau memasak, sehingga agar kegiatan dari dalam dapur tidak mengganggu kegiatan di dalam ruang ruang yang lainnya maka dibuatlah puntu dengan model seperti ini.

Selanjutnya gambar ini menjelaskan area privas dari rumah tinggal minmalis 1 lantai ini. Area ini terdiri dari kamar tidur, sleasar, dan juga mushola. Pada gambar ini terlihat area ini merupakan area semi terbuka karena ketika user dari kamar tidur dan ingin keluar kamar, maka akan langsung menjumpai ruang bermain anak yang diatasnya terdapat skylight yang merupakan atap dari material polikarbonat, sehingga terasa seperti keluar rumah. Kemudian area selasar juga didesain cukup lebar sehingga juga bisa digunakan untuk kegiatan bersantai atau duduk sambil menikmati udara segar dari luar. Selasar pada rumah ini memiliki peran yang penting karena menjadi akses utama menuju ruang ruang utama seperti kamar tidur. selain itu selasar ini juga menjadi center atau pusat karena selasar ini mengelilingi ruang bermain anak yang juga merupakan pusat ruang ruang yang ada dalam rumah tinggal tersebut. Selasar ini didesain cukup lebar sehingga tidak hanya menjadi suatu sirkulasi saja namun juga bisa digunakan untuk menaruh barang atau peralatan lainnya untuk memperindah eksistensi dari selasar tersebut.

Jasa Arsitek Bekasi – Jasa Desain Rumah Bekasi – Kemudian apabila kita ingin masuk kedalam akan langsung menjumpai ruang mushola yang sebelumnya juga dibatasi dengan area tempat wudhu. Untuk menuju area ini diberikan perbedaan level dari selasar menuju tempat wudhu dengan hanya 1 buah trap yang tidak terlalu tinggi. Fungsinya digunakan untuk menghalangi air yang masuk ke selasar.

Kemudian pada gambar ini memperlihatkan bagaimana bentuk desain interior dari area wudhu an juga entrance dari mushola. Dari gambar ini juga dapat dilihat bahwa antara area wudhu dan mushola diberikan perbedaan ketinggian. Perbedaan level ini sangat diperlukan karena kegiatan pada ruang wudhu dapat memungkinkan air dapat masuk kedalam ruang ruang yang lainnya jika tidak diberikan leveling seperti desain tersebut, sehingga air yang keluar juga langsung dapat dibuang melalui saluran pembuangan. Selain itu dengan adanya perbedaan material juga sangat membantu kegiatan yang terdapat pada ruang ini, dikarenakan pada area wudhu ini menggunakan material batu alam pada lantainya, sedangan pada area mushola menggunakan parquet kayu.

Alasan pemilihan material batu alam ini adalah akrena batu alam ini dpaat menyerap air dan juga perawatannya yang mudah, sehingga ketika terkena percikan air ketika berwudhu pun lantai tidak akan menjadi licin. Sedangkan untuk Alasan pemilihan material parquet kayu sebagai Pemakaian material lantai adalah karena dengan memasang lantai ini ruanagn menjadi lebih terlihat rapi dan juga luas karena garisnya juga tidak terlalu tebal sehingga seperti tidak memiliki batasan grid seperti lantai keramik.

Pada gambar ini menunjukkan dinding pada tampak kiri dari rumah tinggal yang tidak banyak terlihat bukaan kecuali pada area sisi depan yang terlihat pintu menuju ruang dapur dan juga bukaan pada area cuci dan jemur. dinding yang kosong ini merupakan area kamar tidur. alasan pengosongan dinding ini karena dalam tampak kiri ini tidak ada view keluar bangunan sehingga tidak diperlukan bukaan menuju keluar bangunan. Hal ini juga disebabkan karena disebelah dinding etrsebut terdapat jalan kecil sehingga tidak diperlukan adanya bukaan karena dapat mengganggu akses jalan tersebut. selain itu pada area ini juga digunakan sebagai area untuk buanagn air AC yang digunakan untuk penghawaan buatan dari ruang kamar. pada bagian bawah area ini merupakan rerumputan yang dimana ketika air AC dibuang maka akan dapat langsung terserap kedalam tanah dan tidak akan mengganggu lingkungan sekitar rumah tinggal tersebut.

                         

                     

 



Jasa Arsitek Murah

-







Hak cipta © ARSITEK CENTER POINT